Ibunda, tak cukup cinta!
@nurmasawiyya
(1/3)

Menjadi ibunda, berarti menggelontorkan ruahan cinta tanpa batas pada sang ananda. Tapi cinta tak cukup. Cinta butuh ilmu, cerdas pikir pun keteguhan karakter. Itu yang diajarkan Ibunda Hajar pada kita.

image
Diunduh dari Google

Ismail. Adalah buah kecerdasan dan kesungguhan karakter seorang ibu. Ismail yang taat pada Allah, Ismail yang bertutur jernih pada ayahanda Ibrahim soal kesanggupannya menjalankan titah Allah. Sungguh, di usia belasannya, ia berkata bahwa semoga ia termasuk pada orang yang bersabar atas perintahNya.

Tapi Ismail ‘hanyalah’ hasil dari didikan ibunda. Hajar menanamkan akar iman yang menancap dalam, sejak Ismail ada dalam timangan. Ketika Ibrahim, sang suami, meninggalkannya di jumputan tanah di tempat tandus. Tanpa berkata apa-apa.

Hajar bertanya berkali-kali,  “Mengapa kau meninggalkan aku di sini? Di tempat tanpa tanda kehidupan begini??”.

Sungguh, Ibrahim tak sampai hati. Sungguh Ibrahim pun tak mengerti, selain sebuah yakin bahwa ini yang Allah ingini.

Hajar tentu memahami perangai Ibrahim tanpa kecuali. Maka ditanyanya sekali lagi, “Kanda, apakah Allah yang memerintahkan ini?”. Pedih. Tangis itu tertahan. Keduanya tak tega mengawali sedih.

Ibrahim hanya mengangguk pilu.

“Pergilah kalau begitu. Allah tak akan menelantarkan kami di sini”. Tegas. Tak dihalanginya suami menjalankan amanah atasnya. Dia menguatkan. Tak apa. Sungguh, Allah yang akan menjaga dia dan si kecil.

Tak ada marah. Apalagi baper berkepanjangan. Direlakan sang suami pergi. Direlakan dirinya terasing di antara belantara tandus pasir. Tak ada keluh. Tak pernah ia menyalahkan sang suami yang pergi begitu saja. Pada jiwanya, ia senantiasa menguatkan, inilah yang digariskan.

Bahkan ketika si kecil Ismail merengek kehausan. Terik. Kering. Tandus. Tanpa tanda kehadiran orang. Tanpa sumber air. Sungguh, susah hatinya.

Ah.. akankah kita wanita, setangguh ia?

Yang memilih kuat tanpa caci?

Yang memilih tangguh tanpa mengeluh?

Dijalaninya upaya itu demi sang buah cinta. (Berlanjut ke next post yaaa)

#IbundaHajar #GreatWomanSeries #qurban #ismail #ibrahim ”

Leave a comment